Pemukulan gendang oleh Menpar Arief Yahya dan Wagub Bangka Belitung Abdul Fatah meresmikan peluncuran Toboali City of Fire Season II 2017 di Jakarta,Rabu(26/7) malam.Peluncuran juga dihadiri oleh Deputi Pemasaran Pariwisata Esthy Reko Astuti dan Dadang Rizki Ratman,Deputi Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kemenpar.(Foto:YD)

Pemukulan gendang oleh Menpar Arief Yahya dan Wagub Bangka Belitung Abdul Fatah meresmikan peluncuran Toboali City of Fire Season II 2017 di Jakarta,Rabu(26/7) malam.Peluncuran juga dihadiri oleh Deputi Pemasaran Pariwisata Nusantara Esthy Reko Astuti dan Dadang Rizki Ratman,Deputi Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kemenpar.(Foto:YD)

Toboali City of Fire (TCOF) Season II 2017 mulai digelar sejak hari ini, Kamis (27/7). TCOF sekarang tahun keduanya berlangsung di Toboali, ibu kota Kabupaten Bangka Selatan, 27-30 Juli 2017. Festival ini pun termasuk dalam Calendar of Event Kementerian Pariwisata.

Selain diikuti oleh peserta umum dan seniman/seniwati lokal, kali ini TCOF mengundang enam seniwati dari enam negara yang sedang belajar di sekolah tinggi seni di kota Solo. Mereka berasal dari Venezuela, Meksiko, Inggris, Jerman, Polandia, dan Hungaria. Mereka terdiri dari komposer dan penari, akan menampilkan pertunjukan musik dan tari serta menjadi model di program Toboali Fashion Carnival.

TCOF Season II 2017 mempunyai 16 program acara. Ada Bike Packer, Toboali Fashion Carnival, Toboali Photo Competition, Festival Tari Kreasi Daerah, Lomba Melukis Tudung Saji, Oriental Mural Festival, Festival Band, Festival Layang-layang, Festival Barongsai, Lomba Pembuatan Film Dokumenter, Festival Kuliner, Ritual Adat Buang Jung, Nganggung 1000 Dulang, Touring Komunitas, Pameran UMKM dan komunitas, dan Target Shooting Competition.

Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan penghargaan kepada penyelenggaraan TCOF. Even ini sebagai sarana efektif untuk mempromosikan pariwisata Bangka Belitung khususnya di Bangka Selatan serta memperkuat daya saing pada unsur 3A (aksesibilitas, amenitas dan atraksi).

Dalam sambutannya saat merilis Toboali City of Fire (TCOF) Season II 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, Kantor Kementerian Pariwisata, di Jakarta, Rabu (26/7) malam, Wakil Gubernut Bangka Belitung Abdul Fatah menerangkan, inisiatif melaksanakan TCOF muncul pada tahun 2016. Tujuannya untuk meningkatkan pariwisata di Kabupaten Bangka Selatan. Karena kabupaten ini punya potensi pariwisata dan ingin pula maju seperti tetangganya di Pulau Belitung.

“Selaku kepala daerah, kami mendukung yang dilakukan oleh para bupati dan walikota,” kata Wagub Babel Abdul Fatah.

Bupati Bangka Selatan Justiar Noer mengatakan, target pengunjung TCOF tahun ini 100.000 orang selama 4 hari festival berlangsung. Harapannya, pengunjung festival datang dari Sumatera dan Jawa, serta dari mancanegara. Selama ini promosi dilakukan oleh event organizer festival dan melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram.*** (Yun Damayanti)