Pesawat tipe baru masuk di Indonesia Bombardier CRJ1000 untuk penerbangan jarak pendek, seperti Balikpapan-Tanjung Redep. (Foto: AH)

Pesawat tipe baru masuk di Indonesia Bombardier CRJ1000 untuk penerbangan jarak pendek, seperti Balikpapan-Tanjung Redep. (Foto: AH)

Antara tiap kota di Indonesia akan terhubung langsung dengan terbang jarak pendek. Pertandanya kian kuat. Penerbangan langsung Semarang-Bandung dan Semarang-Balikpapan pun akan dilayani Garuda Indonesia mulai akhir tahun ini. dari Semarang ke Bandung bakal ramai, menurut garuda jumlah penumpang bisa mengisi 85%-90% tempat duduk.
Segmen pasar yang dibidik Garuda yakni akademisi, sosialita dan kalangan pebisnis. Sebaliknya, untuk meningkatkan jumlah okupansi, akan menggandeng mitra kerja agar lebih bisa mempromosikan destinasi yang ada di Jawa Tengah.
Sementara itu anak perusahaannya Citilink membuka rute baru Pekanbaru-Yogyakarta pulang-pergi satu kali per hari menggunakan armada pesawat Airbus A320 dengan kapasitas penumpang 180 tempat duduk dan harga tiket dijual dengan relatif wajar mulai dari Rp 900 ribu lebih per orang, yang dimulai pada 25 Agustus 2014.
Pekanbaru ke Batam telah dilayani oleh Citilink sejak Maret tahun 2013. Sebaliknya, rute tersebut telah dihentikan oleh maskapai Tigerair Mandala terhitung 1 Juli 2014 karena merugi antara lain oleh dampak depresiasi rupiah. Pekanbaru-Yogyakarta berjarak waktu tempuh sekitar dua jam penerbangan langsung.
Station Manager Citilink Pekanbaru Rahman diberitakan oleh “Info Penerbangan” menyatakan, untuk penerbangan perdana rute Pekanbaru-Yogyakarta tempat duduk yang telah terisi sekitar 90 persen dari kapasitas pesawat Airbus 320 dengan 180 kursi.
CitiLink mencari dan akan membuka rute baru terus, pesawatnya akan berjumlah 50 pesawat pada 2017, sebagi dikatakan President & CEO Citilink Indonesia, Arif Wibowo. Sejak 15 Agustus 2014 telah ditambahnya penerbangan Jakarta (Cengkareng) – Batam pp menjadi empat penerbangan per hari, dari sebelumya tiga penerbangan. Penerbangan Jakarta (Cengkareng) – Surabaya pp menjadi delapan penerbangan per hari, dari sebelumnya tujuh penerbangan. Rencananya akan membuka rute baru Agustus ini, seperti Yogyakarta – Pekanbaru pp, Malang – Bandung pp, Malang – Banjarmasin pp, dan Malang – Lombok pp, sudah dalam proses perijinan.
Lima pesawat lagi didatangkan akhir CitiLink akan memiliki armada Airbus A320 sebanyak 32 pesawat pada akhir 2014.***