Black wood-fired pizza halal pertama di Batam bisa dinikmati di Paris-Lyon Cafe,Allium Batam Hotel.(Foto:Allium Batam Hotel)

Black wood-fired pizza halal pertama di Batam bisa dinikmati di Paris-Lyon Cafe,Allium Batam Hotel.(Foto:Allium Batam Hotel)

Paris-Lyon Café di Batam telah bersertifikasi halal. Kafe ini baru saja meluncurkan menu terbarunya yakni Black Wood-fired pizza. Pizza yang dipanggang di dalam oven tungku dari batu bata ini telah bersertifikat Halal dari MUI. Paris-Lyon Café menawarkan tujuh variasi rasa pizza mulai dari Pepperoni, Margherita, Meat Lover, Hawaiian Chicken, Chicken Alfredo, Tuna Corn, dan Allium 2 Seasons Pizza. Harganya mulai dari Rp 60.000,00. Dan ini yang pertama di Batam.

Allium Batam Hotel, setara hotel bintang 4 dari grup Samali Hotels & Resorts. Lokasinya berada di Komplek Panorama Nagoya, Batam. Seperti hotel-hotel dalam jaringan Samali di kota-kota lain di Indonesia, hotel ini tidak menyediakan minuman beralkohol.

Hotel di dalam jaringan Samali bukan hotel syariah namun memiliki sertifikat Halal dari MUI. Termasuk tidak menjual dan menyajikan minuman beralkohol di dalam hotel. Samali Hotels & Resorts adalah jaringan hotel lokal perusahaan PMDN yang berbasis di Jakarta.

Bagian outdoor Paris-Lyon Cafe,Allium Batam Hotel.(Foto:Allium Batam Hotel)

Bagian outdoor Paris-Lyon Cafe,Allium Batam Hotel.(Foto:Allium Batam Hotel)

Kota Batam kental dengan kebudayaan Melayu yang identik dengan Islam. Oleh karenanya produk-produk makanan halal tidak terpisahkan dari gaya hidup sehari-hari dari kebanyakan masyarakat di kota ini

Periode Januari sampai dengan Mei 2017 jumlah kunjungan wisman ke Batam mencapai 625.944 orang menurut data Ditjen Imigrasi dan BPS yang dikeluarkan pada bulan Mei 2017. Diantara wisman itu ialah muslim traveler. Keberadaan Allium Batam Hotel dengan Paris-Lyon Café-nya yang telah bersertifikat Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) tentu menambah pilihan akomodasi ramah-muslim bagi traveler yang berkunjung ke Batam.

Kriteria Sistem Jaminan Halal tersebut meliputi, Kebijakan Halal, Tim Manajemen Halal, Pelatihan dan Edukasi, Bahan, Produk, Fasilitas Produksi, Prosedur Tertulis Aktivitas Kritis, Kemampuan Telusur, Penanganan Produk yang Tidak Memenuhi Kriteria, Audit Internal, dan Kaji Ulang Manajemen. ***