Di Bali tengah akan dibangun kompleks olahraga internasional termasuk stadion sepakbola. Diharapkan rampung dua tiga tahun dari sekarang. Even olahraga pun terbukti menjadi salah satu media mempromosikan sebuah destinasi. Apabila turnamen sepakbola, cabang olahraga sejuta umat, dikelola secara profesional, permainan olahraga yang menjunjung tinggi sportivitas di atas apapun, dengan suporter dan penonton yang tertib, fakta menunjukkan bahwa selanjutnya akan mendatangkan kunjungan wisatawan.

Ada kabar terbaru, QNB Group (Qatar National Bank Group), salah satu bank terkuat dunia dan bank terdepan di Timur Tengah dan Afrika mendapatkan hak sponsor eksklusif “Title Partner” Indonesia Super League (ISL) sampai akhir musim 2017. QNB mempunyai catatan baik yang menunjukkan kepedulian tinggi terhadap cabang olahraga sepakbola. Diantaranya, menjadi sponsor klub sepakbola ternama Perancis Paris St. Germain dan pendukung utama turnamen Asian Football Championship (AFC).

Presiden Direktur BVSports, Hari Widodo mengatakan, “Ini langkah bersejarah bagi masa depan sepakbola Indonesia. Dukungan dari QNB Group selama tiga musim ke depan akan membantu liga untuk berkembang dan tumbuh pesat. Kami berharap melalui kemitraan ini, baik QNB Group maupun QNB League, akan mengangkat liga sepakbola Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi.” Diharapkan, QNB League akan menjadi platform olahraga terbaik di Indonesia.

“Ini hasil nyata bahwa kita tengah berada di dalam tren industri sepakbola dengan pasar global. Kompetisi Indonesia Super League terus berlanjut bertransformasi menjadi lebih baik, mulai dari sisi teknis permainan, profesionalisme para klub dan pemain, yang menjadikan liga ini menjadi sebuah tontonan yang menghibur. PT Liga, BVSports dan QNB Group memiliki jiwa yang sama untuk menciptakan atmosfer kompetisi yang lebih meriah dan memiliki nilai bisnis yang tinggi. Kami akan bekerja sama untuk membawa sepakbola Indonesia menjadi lebih baik, dari  sisi kualitas kompetisi maupun penciptaan industri sepakbola nasional,” ujar CEO PT Liga Joko Driyono.

QNB League (sebelumnya dikenal dengan nama ISL) memiliki lebih dari 300 pertandingan dalam satu musim dan mendapatkan penonton TV sebanyak 168 juta di tahun 2014.

BVSports adalah pemilik hak komersial eksklusif atas QNB League (sebelumnya bernama ISL). Kontrak BVSports berlaku selama 10 tahun dari 2013 sampai 2023. Mulai  dari musim tahun ini, BVSports akan memproduksi  seluruh 306 pertandingan QNB League dalam kualitas High Definition (HD) dan akan  disiarkan  secara nasional di kanal  televisi penyaran bebas dan berbayar serta didistribusikan secara internasional oleh In Front Sports Group.

QNB Group, institusi keuangan terdepan dan merek bank nomor satu menurut  value di kawasan Timur Tengah dan Afrika,  saat ini beroperasi di lebih dari 27 negara di Asia, Afrika, dan Eropa. Jaringannya berlokasi termasuk  di Indonesia, Cina, Singapura, Vietnam, dan India. Berada di Indonesia sejak tahun 2011.

PT Liga Indonesia (PT LI) adalah perusahaan penyelenggara kompetisi sepakbola profesional di Indonesia.  PT LI menyelenggarakan Indonesia Super League (ISL), Divisi Utama Liga Indonesia, ISL U21,  Inter Island Cup, Piala Nusantara dan Perang Bintang.

Meskipun bukan termasuk rencana perjalanan utama, jika orang berkesempatan mengunjungi Italia, kota Milano dan Torino bakal masuk dalam daftar, Barcelona dan Madrid juga masuk dalam daftar rencana ketika jalan-jalan ke Spanyol. Biarpun tidak bisa menonton pertandingannya secara langsung, paling tidak bisa berkunjung ke markas klub-klub sepakbola AC Milan, Juventus, Barcelona dan Real Madrid selama berada di kota-kota itu, atau tour d’stadium di sekitar kota London. *** (Yun Damayanti)