Penerbangan Tiap Minggu Padang-Jeddah dan Beberapa Rute-rute Baru Buka oleh Maskapai Penerbangan Nasional

itn-garuda-lion-nam-19072017Garuda Indonesia memastikan akan mengoperasikan penerbangan langsung rute Padang – Jeddah mulai November 2017. General Manager Garuda Indonesia cabang Padang Sonny Syahlan dikutip oleh media mengatakan bahwa penerbangan Padang-Jeddah merupakan kerjasama dengan PT AET Penjuru Wisata Negeri yang akan melakukan penjualan tiket umroh kepada masyarakat.

Penerbangan itu dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Padang menuju Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah dioperasikan sekali seminggu yakni setiap hari Minggu pukul 14.00 WIB dengan pesawat Airbus A 330-300.

Di dalam negeri Garuda Indonesia mulai hari Senin (17/7) memulai penerbangan rute Makassar – Raha pp. Itu merupakan kerjasama Garuda Indonesia dengan pemerintah daerah Muna, Sulawesi Tenggara selama periode bulan Juli 2017 hingga Mei 2018. Sebagaimana telah diberitakan di media, pesawatnya jenis ATR 72-600 yang berkapasitas 70 tempat duduk dengan frekuensi penerbangan 3 kali dalam seminggu, yaitu pada hari Senin, Rabu dan Jumat.

Jadwalnya berangkat dari Makassar pukul 07.45 WITA, akan tiba di Raha pukul 08.50 WITA. Kemudian penerbangan dari Raha berangkat pukul 09.35 WITA, dan akan tiba di Makassar pukul 10.35 WITA.

Direktur Marketing dan Teknologi Informasi Garuda Indonesia, Nina Sulistyowati juga berharap penerbangan baru Makassar – Raha vv ini dapat meningkatkan perekonomian wilayah ini dan membuka Raha pada konektivitas jaringan rute domestik dan internasional Garuda Indonesia.

Raha adalah ibukota Kabupaten Muna di provinsi Sulawesi Tenggara yang terletak di pesisir Selat Buton dengan total area seluas 47,11 km2, jumlah pendudunyak sekitar 53.246 jiwa.

***

     Lion Air melakukan terbang perdana Boeing 737 MAX-8 dengan rute dari Bandara Internasional Soekarno Hatta menuju Bandara Supadio Pontianak pada Jumat 14 Juli.

Selain itu, menurut Public Relations Manager Lion Air Group Andy M Saladin, Lion Air juga akan mengoperasikan tipe pesawat terbaru itu ke berbagai kota penyangga di Tiongkok.

“Boeing 737 MAX-8 sangat cocok untuk digunakan perjalanan yang cukup jauh karena dalam posisi full seat, pesawat ini mampu terbang 7,5 jam nonstop,” katanya.

***

     Mulai 20 Juli 2017, Nam Air mengoperasikan beberapa penerbangan rute baru dalam negeri yaitu rute Nabire Biak pp, Nabire-Jayapura pp dan Jayapura- Dekai pp. Frekuensi masing-masing pada tiga rute baru tersebut adalah satu kali setiap hari dengan pesawat ATR 72-600 berkapasitas 72 kursi.

Selain tiga rute tersebut, Nam Air juga berencana mengoperasikan pesawat ATR 72-600 berikutnya untuk penerbangan dari dan ke Fakfak, Raja Ampat, Kaimana, Sorong dan Manokwari.***(inaca.or.id, dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published.