Penerbangan Luar Negeri Langsung Destinasi: AirAsia Tambah 137.228, Citilink Tambah 37.440 Seat per Tahun

Industri pariwisata di destinasi mesti menyongsong dan memproduktifkan peluang bisnis yang tambah lagi dengan penambahan kapasitas seat Penerbangan langsung luar negeri ini. Maskapai AirAsia X Indonesia dari Bali menuju Mumbai akan beroperasi mulai 19 Mei 2017 dengan frekuensi 7 kali seminggu. Penerbangan yang dioperasikan dengan Airbus A330-300 berkapasitas 377 kursi ini, termasuk 12 kursi Premium Flatbed, akan transit selama 65 menit di Kuala Lumpur (KLIA2).

AirAsia Indonesia akan mulai mengoperasikan penerbangan langsung dari Jakarta menuju Makau pada 7 Agustus 2017, diawali dengan jadwal penerbangan 3 kali seminggu. Frekuensi penerbangan akan meningkat menjadi 4 kali dalam seminggu per 1 September 2017. Rute ini akan dilayani dengan Airbus A320-200 berkapasitas 180 kursi.

CEO Grup AirAsia di Indonesia, Dendy Kurniawan melalui siaran pers mengatakan: “Kami berkomitmen untuk terus mendukung upaya pemerintah mendorong industri pariwisata Tanah Air. Kini, dengan terhubungnya Indonesia dengan kedua negara yang termasuk dalam jajaran negara yang menjadi indikator pergerakan ekonomi dunia, dipadukan dengan tarif hemat dan luasnya jaringan rute Grup AirAsia, kami berharap peran dari maskapai penerbangan hemat biaya dalam menggerakkan roda perekonomian dapat semakin nyata.”

Jadi, AirAsia Akan menambahkan kapasitas seat Penerbangan luar negeri sekitar 137.228 seat per tahun (365 hari) dan Citilink menambahkan sekitar 37.440 seat per tahun (perhitungan 365 hari).

Mumbai terkenal dengan restoran maupun gerai kaki limanya yang menjajakan berbagai makanan, seperti pav bhaji (roti mentega dengan kari sayur), pani puri (bola-bola dari kentang), maupun chicken tikka rolls, lumpia daging ayam khas negeri anak benua. Visa India merupakan persyaratan untuk pemegang paspor Indonesia untuk berkunjung ke Mumbai dan kota-kota lainnya di India.

Makau merupakan pintu gerbang menuju Tiongkok bagi wisatawan Indonesia, dimana wisatawan dapat terhubung dengan 10 kota di bagian selatan Tiongkok menggunakan Express Link selama 2 jam perjalanan atau transportasi darat melalui salah satu dari dua pos pemeriksaan 24 jam di perbatasan antara Makau dan Tiongkok Selatan. Bagi pemegang paspor Indonesia, visa untuk mengunjungi Republik Rakyat Tiongkok tidak diperlukan untuk mengunjungi Makau. Namun, visa diperlukan jika mereka ingin mengunjungi kota lain di Daratan TIongkok.
Sementara itu maskapai  Citilink Indonesia akan membuka rute penerbangan regional pertamanya yaitu Jakarta-Dili PP.

“Tahun 2017 selain melakukan ekspansi rute domestik ke Indonesia Timur, tahun ini Citilink juga akan merambah ke penerbangan regional. Dili akan menjadi destinasi penerbangan regional pertama yang dilayani oleh Citilink,” tutur CEO Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo saat konferensi pers launching rute penerbangan Citilink Jakarta – Dili di Jakarta, Selasa (2/5).

Juliandra menjelaskan bahwa Citilink akan melayani penerbangan berjadwal harian dari Jakarta menuju ke Dili terhitung mulai tanggal 12 Mei 2017.
Sebelumnya Citilink pada September 2015 hingga Januari 2017 pernah mengoperasikan rute Denpasar – Dili sebagai penerbangan charter berjadwal yang pengelolaannya bekerjasama dengan maskapai lokal di Timor Leste.

Adapun rute ini akan merupakan connecting flight dari Jakarta dengan satu kali transit di Denpasar dan dioperasikan sepenuhnya oleh Citilink Indonesia.
Untuk melayani rute penerbangan tersebut Citilink akan menggunakan pesawat jenis Airbus A320 yang rata-rata usianya kurang dari 4 tahun dengan kapasitas 160 penumpang.

Penumpang akan mendapatkan pengalaman service yang berbeda dengan disajikannya makanan dan minuman selama penerbangan 1 jam 50 menit dari Denpasar menuju Dili dan sebaliknya.

Penerbangan rute Jakarta – Dili akan dilayani pada pukul 04.55 WIB, dan transit dari Denpasar pada pukul 9.25 WIB sedangkan penerbangan dari Dili menuju ke Jakarta dilayani pada pukul 13.20 waktu setempat.***

Leave a Reply

Your email address will not be published.