Pemukiman internasional di delta Gulangyu,Xiamen,Cina.(Foto:ist.)

Situs pemukiman internasional di delta Gulangyu,Xiamen,Cina.(Foto:ist.)

Mungkin bisa mendapat inspirasi,kita baca laporan ini: Tahun ini United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) mengumumkan 21 warisan dunia terbaru, 3 situs alam dan 18 situs budaya. Situs-situs itu tersebar dari Greenland hingga Gurun Kalahari, dari pegunungan Andes hingga ke reruntuhan kuil di Kamboja.

Situs warisan dunia yang telah diakui oleh UNESCO hampir bisa dipastikan akan mengundang kunjungan wisatawan lebih banyak. Namun, di beberapa situs sudah berdiri akomodasi-akomodasi menakjubkan sebelum status tersebut disematkan.

Dalam rangka merayakan perkenalan keajaiban budaya dan alam yang belum lama ditetapkan oleh UNESCO, situs perjalanan global booking.com telah memilihkan situs mana saja yang patut ditaruh di dalam daftar impian perjalanan dan di mana tempat tinggal terbaik di sekitarnya.

#1 Taman Nasional Los Alerces di Pegunungan Andes, Argentina

Salah satu kamar di Laguna Larga Lodge,Argentina.(Foto:lagunanlargalodge.com)

Salah satu kamar di Laguna Larga Lodge,Tn Los Alerces,Argentina.(Foto:lagunanlargalodge.com.ar)

Taman Nasional Los Alerces berada di kawasan Pegunungan Andes yang termasuk dalam wilayah Argentina, tepatnya di Provinsi Chubut. Taman nasional itu merupakan habitat pohon alerce. Di dalamnya membentang padang rumput di punggung-punggung gunung, danau besar dan aliran sungai yang indah. Selain habitat pohon alerce, di taman tersebut juga rumah bagi hewan langka seperti berang-berang Huillín, Huemul Patagonian, dan rusa pudú.

Akomodasi terbaik di salah satu dari tiga situs warisan dunia alam terbaru UNESCO ini adalah Laguna Larga Lodge. Akomodasi itu berdiri di lahan seluas 120 hektar di taman nasional. Berada di tepi laguna, akomodasi ini menawarkan pantai danau dan dermaga yang nyaman dengan sekelilingnya bernuansa Alpen. Dan berjarak 4,8 kilometer (3 mil) dari Danau Futalaufquen yang megah.

Laguna Larga Lodge menyediakan sarapan ala Amerika dan hidangan internasional setiap hari. Menunggang kuda dan memancing di danau adalah beberapa contoh kegiatan yang bisa dilakukan di sekitarnya.

#2 Kuil Sambor Prei Kuk, daerah arkeologi Ishanapura Kuno, Kamboja

UNESCO telah menetapkan Kuil Sambor Prei Kuk di daerah arkeologi Ishanapura Kuno, Provinsi Kompong Thom, Kamboja menjadi salah satu situs warisan budaya dunia terbaru. Di situ pengunjung masih bisa melihat dan mengagumi reruntuhan puluhan candi dan bangunan lainnya yang menampilkan keindahan arsitektur bergaya Khmer yang berkembang pada periode Angkor. Satu diantaranya, sebuah kuil bersegi delapan ditopang barisan tiang dengan bingkai pintu dan pediments yang indah.

Tempat menginap terbaik di situ adalah Sambor Village Hotel. Lokasinya berada 650 meter dari pusat Kompong Thom atau sekitar 40 menit berkendara dari Sambor Prei Kuk.

Sambor Village Hotel menghadap Sungai Stung Sen. Desain kamarnya relatif sederhana namun dilengkapi dengan amenitas akomodasi modern. Hotel menyediakan sepeda gratis untuk memberi kesempatan kepada tamu menjelajahi daerah sekitarnya, atau bersantai di kolam renang sambil menyesap koktail.

Flower Yard Inn Xiamen Gulangyu Anhai Garden Branch.(Foto:booking.com)

Flower Yard Inn Xiamen Gulangyu Anhai Garden Branch.(Foto:booking.com)

#3 Kawasan pemukiman internasional Gulangyu, Xiamen, Cina

Gulangyu adalah sebuah delta atau pulau kecil di muara Sungai Chiu-lung. Sekarang bisa ditempuh dengan feri selama 5 menit dari pusat kota Xiamen. Pada tahun 1903 menjadi pemukiman internasional setelah pelabuhan Xiamen dibuka untuk perdagangan internasional pada tahun 1842. Bangunan-bangunan di delta ini bergaya Amoy Deco. Dan akomodasi terbaik untuk merasakan pengalaman tersebut adalah Flower Yard Inn Xiamen Gulangyu Anhai Garden Branch.

Flower Yard Inn Xiamen Gulangyu Anhai Garden Branch menempati gedung bergaya Amoy Deco. Semua kamar dilengkapi fasilitas amenitas modern saat ini, termasuk koneksi WiFi. Gulangyu Anhai Garden Branch berada kurang dari 1,6 kilometer (1 mil) dari Huangu Ferry Marina. Delta ini telah menjadi obyek wisata populer dengan kebijakan tidak boleh ada mobil atau sepeda melintas. Lebih dari 10 juta pengunjung setahun datang ke Gulangyu.

#4 Taputapuatea, Polinesia Perancis

Taputapuatea, komune Polinesia Perancis di Pulau Ra’ia dan dipercaya sebagai pusat dari Segitiga Polinesia. Segitiga itu terdiri dari Avera, Puohine, dan Opoa. Di Opoa ada ‘marae’, tempat komunal dan sakral, dahulu berfungsi sebagai pusat seremonial, politik dan pemakaman bagi orang Ma’ohi. Tempat itu telah dibangun ulang pada tahun 1994. Marae terdiri dari satu halaman besar menghadap ke laut, batu besar tegak dan beberapa tiki (pondok).

Akomodasi terdekat, berjarak 4,8 kilometer, dari Taputapuatea adalah Fare Oviri Lodge. Kamarnya berupa bungalow bergaya Polinesia dengan teras pribadi. Dari sana bisa memandang pegunungan dan laut. Fasilitas snorkeling dan kano bisa digunakan tanpa biaya. Dan WiFi gratis di tempat umum.

!Xaus Lodge,Khomani San,Afrika Selatan.(Foto:khomanisan.com)

!Xaus Lodge,Khomani San,Afrika Selatan.(Foto:khomanisan.com)

#5 Bekas Katedral dan Biara di Sviyazhsk, Rusia

Sviyazhsk tercipta dari pembangunan Waduk Kuybyshev. Kota ini berada di sebuah pulau kecil, didirikan oleh Ivan The Terrible pada tahun 1551. Sebuah jalan menghubungkannya ke daratan. Di pulau itu ada satu bangunan katedral dan biara dari abad ke-16. Di dalamnya, beberapa contoh lukisan mural Eastern Orthodox paling langka dilestarikan.

Akomodasi terbaik di sekitar situs itu adalah Innopolis Hotel Complex Dejavu. Hotel menyediakan fasilitas kolam renang outdoor, pusat spa dan sauna Finlandia dan Turki. Di musim dingin tamu bisa bermain ski, di musim panas bisa bermain golf.

#6 Cagar budaya Khomani, Afrika Selatan

Cagar budaya Khomani San merupakan situs pemukiman bagi komunitas nomaden Khomani San. Mereka tinggal di Gurun Kalahari di wilayah Afrika Selatan yang berbatasan dengan Namibia dan Bostwana. Khomani San dipercaya sebagai penghuni pertama Afrika Selatan. Taman Nasional Kalahari Gemsbok merupakan pintu gerbang menuju cagar budaya Khomani San.

Fasilitas kolam renang di !Xaus Lodge.(Foto:booking.com)

Fasilitas kolam renang di !Xaus Lodge.(Foto:booking.com)

Booking.com memilih !Xaus Lodge di Taman Nasional Kalahari Gemsbok, bagian dari Taman Nasional Transfrontier Kgalagadi, akomodasi terbaik dalam perjalanan mengunjungi cagar budaya Khomani. Kamarnya berupa pondok-pondok milik masyarakat tradisional Afrika Selatan dan vila-vila yang dirancang menyerupai rumah tradisionalnya. Semua telah dilengkapi kamar mandi pribadi juga kolam renang dan restoran. Dari Xaus Lodge dapat menjelajahi taman nasional dan menemui orang-orang San di desanya.

Booking.com adalah yang terdepan di dunia dalam pemesanan hotel dan akomodasi lainnya secara daring. Situs booking.com tersedia dalam 43 bahasa, menawarkan lebih dari 1,2 juta akomodasi termasuk 651.583 akomodasi rental liburan dan mencakup 110.983 destinasi unik di 227 negara dan wilayah di seluruh dunia. Booking.com memiliki lebih dari 118 juta ulasan yang ditulis oleh tamu setelah mereka menginap, dan menarik pengunjung daring baik dari pasar liburan maupun bisnis di seluruh dunia. Booking.com B.V. didirikan pada tahun 1996, memiliki dan mengoperasikan Booking.com™, dan merupakan bagian dari The Priceline Group.***