Wisatawan yang rutin melakukan perjalanan pun kerap kesulitan dalam menemukan hotel yang tepat dan harga kamar yang sesuai budget. Ternyata, melakukan pemesanan hotel 30 hari sebelumnya bisa menghemat  sebesar 30 persen dibanding harga normal. Tips tersebut diberikan oleh co-founder Wego, Craig Hewett. Sebagai informasi, Wego merupakan situs travel search.

Menurut Hewett, melakukan booking langsung ke pihak hotel belum tentu berbuah harga kamar lebih murah. Khusus di Asia, hampir 70 persen hotel bersifat independen dan dijalankan dengan sederhana. Kebanyakan hotel tidak punya sistem booking online di situs mereka. Maka, online travel agent (OTA) dikontrak sebagai pihak ketiga untuk membantu penjualan secara online.

Pada umumnya, OTA sangat kreatif dalam hal promosi dan diskon, bahkan sering menyisipkan komisi pribadi ke dalam mekanisme diskon agar mengungguli para pesaingnya. Oleh karena itulah, situs-situs OTA seringkali menawarkan harga lebih rendah dibanding harga di situs hotel. Kendati demikian, jika perbedaan harga di situs OTA dan di situs hotel tidak terlalu besar, Hewett menyarankan wisatawan untuk melakukan booking langsung ke pihak hotel.

Melakukan pemesanan langsung ke situs hotel memiliki beberapa keuntungan. Selain aturan booking yang lebih mudah, proses pembatalan lebih mudah dan tidak ada biaya pemesanan seperti halnya di situs OTA. Sebelum memastikan pemesanan, para wisatawan juga harus berhati-hati tentang aturan dan penalti yang diterapkan oleh masing-masing hotel, seperti kebijakan uang muka penuh dan zero-cancellation (pembatalan tanpa pengurangan jumlah uang).

Selain berbagai tips tersebut, Hewett juga memberikan banyak masukan lain kepada wisatawan terkait hotel. Wisatawan disarankan untuk menghindari hotel-hotel di daerah perkantoran, kecuali di akhir pekan. Biasanya hotel di daerah perkantoran diperuntukkan untuk keperluan bisnis sehingga relatif lebih sepi pada akhir pekan dan membuat harga cenderung lebih rendah dibanding weekdays. Selain itu, penawaran menarik tak jarang diberikan business hotel saat akhir pekan.

Saat memilih hotel, wisatawan juga diimbau untuk tidak terlalu silau dengan nama besar hotel. Hotel-hotel independen yang tidak termasuk dalam hotel chains raksasa sering menawarkan harga dan suasana yang menarik, meski mungkin tidak terlalu terkenal. Membandingkan ulasan-ulasan hotel di dunia maya adalah langkah yang bisa ditempuh wisatawan untuk menentukan hotel independen yang sesuai. Harga kamar hotel independen di internet biasanya juga tidak konsisten, sehingga kemungkinan mendapatkan harga miring menjadi lebih besar.

Diskon-diskon menarik juga bisa membuat wisatawan mendapatkan biaya hotel yang lebih murah. Hotel yang baru dibuka biasanya memberikan tawaran diskon yang menggiurkan. Kendati begitu, diskon hotel terbesar diberikan saat flash sale, dimana pemesan harus booking secepat-cepatnya pada durasi waktu tertentu. Jika beruntung dan waktu keberangkatan fleksibel, diskon hingga 70 persen untuk hotel mewah bisa didapatkan.

Terakhir, Hewett menyarankan para pemburu hotel murah untuk melakukan riset sebanyak-banyaknya. Baik itu dengan membandingkan harga hotel di berbagai situs, maupun memanfaatkan penawaran diskon yang disediakan. Dengan begitu, berkurangnya pengeluaran untuk biaya hotel bisa dialihkan ke hal-hal lain, seperti room service mewah, membeli oleh-oleh, atau membayar untuk atraksi wisata yang lebih banyak.***(Pitor Pakan)