Jakarta, (ITN-IndonesiaTouristNews): Indonesia Travel Mart 2017 (ITM) akan berlangsung minggu depan hari Rabu, 9 Agustus 2017 di Harris Vertu Hotel, Harmoni, Jakarta. Ini merupakan pasar pariwisata nasional pertama yang dihelat oleh Indonesia Tourism Professional Association (ASPPI). Sellers dan buyers dari domestik dan luar negeri akan bertemu untuk sesi B-to-B sehari penuh dan networking mulai pukul 8.30 pagi.

Sellers berasal dari Aceh, Medan, Padang, Bengkulu, Bangka-Belitung, Batam, Jabotabek, Bandung, Garut, Subang, Yogyakarta, Magelang, Wonosobo, Batu, Malang, Surabaya, Bali, Lombok, Flores dan Kupang. Sellers dari luar negeri adalah perwakilan dari Macao Tourism Office dan kantor perwakilan agen perjalanan dari Bangkok.

Sellers terdiri dari agen perjalanan/operator tur, maskapai penerbangan, cruise operator, heritage operator, akomodasi, desa wisata, restoran/pusat jajan, toko suvenir, penyewaan kendaraan, pemda dan industri pendukung perjalanan.

Bahriyansyah, Ketua Pelaksana Indonesia Travel Mart, menyiarkan, ITM 2017 dirancang untuk mempertemukan sekitar 100 pelaku usaha pariwisata di seluruh Indonesia dan sekitar 400 buyers Nusantara dan mancanegara. Buyers dari mancanegara akan dihadiri oleh anggota ASEANTA. Buyers dari ASEANTA ini akan dibawa oleh maskapai-maskapai penerbangan dari negara-negara ASEAN. Selain itu juga ada buyers dari kawasan Asia Pasifik.

ITM 2017 mendapat kehormatan sebagai bagian dari ASEAN@50 Sky Caravan. Ada tujuh maskapai penerbangan dari anggota ASEAN yang akan berpartisipasi. Di dalam situs resmi ITM 2017 disebutkan, Garuda Indonesia, AirAsia, Malaysia Airlines, Thai Airways, Singapore Airlines, Philippines Airlines dan Royal Brunei Airlines adalah maskapai-maskapai yang akan membawa agen perjalanan/operator tur dari kawasan Asia Tenggara dan Asia Pasifik hadir sebagai buyers nanti. Selain agen perjalanan/operator tur akan turut dibawa pula jurnalis dari beberapa negara buyers.

Menurut rencana, buyers dari kawasan Asia Tenggara datang dari Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Kamboja, Myanmar, Laos, Brunei Darussalam dan Filipina. Sedangkan dari kawasan Asia Pasifik akan datang buyers dari Cina (Beijing, Chengdu, dan Guangzhou), dan India (Mumbai).

Setelah menghadiri ITM 2017, mereka akan mengikuti ASEANTA Excellence Award Gala Dinner dan famtrip yang diadakan oleh Kementerian Pariwisata RI.

Diperkirakan datang 300 buyers domestik. Mereka dari Jabotabek, Aceh, Padang, Batam, Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Banten, Bandung, Cirebon, Jepara, kawasan Joglosemar, Magelang, Jember, Pamekasan, Bali, Lombok, Pontianak, Banjarmasin, Samarinda, Gorontalo, Manado dan Makassar.

ITM 2017 didukung oleh TTC, GIPI dan Wonderful Indonesia.*** (Yun Damayanti)