Di sini... di sinilah BKT yang kini mulai tampak indah dan rapih itu...(Foto:Ist)

Di sini… di sinilah BKT yang kini mulai tampak indah dan rapih itu…(Foto:Ist)

Hai, minggu depan akan diadakan ajang “Jakarta Banjir Kanal Timur (BKT) 5K Festival 2015”, pada hari Minggu (27/09/15). Ini ceritanya. Sudah sejak tahun 2010 aliran air dari  hulu Jakarta bagian timur dan hujan lokal mengalir di daerah tangkapan air (catchment area)  Banjir Kanal Timur (BKT).  Lima aliran sungai yang sering menimbulkan banjir, yakni Kali Cipinang, Kali Sunter, Kali Buaran, Kali Jati Kramat, dan Kali Cakung, ditampung di wilayah tangkapan air seluas 20.125 ha ini. Aliran air yang melintasi 13 kelurahan di 4 kecamatan itu kini mengalir menyusuri  BKT di kedalaman antara 4 -7 meter dengan lebar di hulu 100 meter dan di bagian muara 200 meter.

Selain mengurangi ancaman banjir di Jakarta bagian timur dan sebagian utara Jakarta, BKT juga dibangun untuk maksud konservasi air, mengisi  kembali air tanah dan sumber air baku serta prasarana transportasi air.

Coba susuri  wilayah  BKT yang membentang sepanjang 23,5 km, sulit ditemui sampah pada aliran airnya. Bila terus dijaga keasriannya kelak berpotensi menjadi  tujuan wisata sungai. Bahkan rencananya  BKT akan menjadi tempat wisata dengan area yang terbagi, ada area sport, area kuliner, dan area wisata sungai.

Dengan maksud itulah akan digelar acara yang diberi  nama “Jakarta Banjir Kanal Timur (BKT) 5K Festival 2015 pada Minggu (27/09/15) yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan didukung Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BPPI). Sekaligus pula kesempatan ini menjadi promosi   lomba marathon terbesar di Jakarta “Mandiri Jakarta Marathon 2015” yang akan digelar 25 Oktober mendatang.

Ajang ini akan menjadi  embrio pengembangan pariwisata di wilayah pinggiran Jakarta dan sekitarnya dalam  bentuk olah raga lari sepanjang 5 km mengitari area Banjir Kanal Timur. Area start berada di Pintu air BKT  Jl Jend. RS. Soekanto.
Kategori lomba dibagi menjadi  Pria dan Wanita masing-masing akan memperebutkan  hadiah juara ke-1  Rp. 3,5 juta, juara ke-2  Rp. 2,5 juta , juara ke-3 Rp. 1,5 juta , sedangkan untuk kategori anak-anak umur 13-15 tahun akan mendapat  hadiah masing-masing juara ke-1 Rp. 2,5 juta, juara ke-2 Rp. 1,5 juta dan juara ke-3 Rp. 1 juta.  Tidak hanya itu  dorprise menarik seperti motor, TV , Kulkas, juga disiapkan untuk peserta lomba. Semarak acara akan terasa karena akan ada bazaar multi produk, dan hiburan.

Tidak ada biaya pendaftaran untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Pendaftaran akan melibatkan ormas dan kelompok pemuda di sekitar BKT, jadi nantinya peserta lomba kebanyakan masyarakat yang tinggal di sekitar BKT. Pesertanya juga dibatasi hanya sekitar 1000 orang saja mengingat  area yang terbatas.  Menurut Presiden Director & CEO Inspiro Grup, Ndang Mawardi akan terlibat 2500 orang pada hari itu baik peserta lomba dan masyarakat yang menyaksikan acara. Bila anda berminat mengikuti  lomba datang saja hari Sabtu (26/09/15) di Pintu air BKT  Jl Jend. RS. Soekanto dimana kegiatan akan dipusatkan. Mulai jam 09.00 panitia sudah membuka meja pendaftaran gratis di sana. ***(Ekasanti)