Festival Bumi Raflesia Akhir Pekan; Targetnya Rasional Konsepsional, Tahun Kunjungan Wonderful Bengkulu 2020

Festival Bumi Raflesia akan diselenggarakan besok pada 21-23 Juli 2017. Kegiatannya antara lain Fun Bike, Festival Kopi Bengkulu dan perjalanan pengenalan destinasi (famtrip) bagi bloggers. Festival akan dipusatkan di Sport Center Pantai Panjang, kota Bengkulu. Sedangkan program perjalanan famtrip diantaranya mengunjungi Danau Mas Harun Bastari dan ke tempat konservasi bunga bangkai selain wisata kota di kota Bengkulu.

Pemprov ini tampak sadar perlu rasional berkonsep membangun pariwisatanya. Konsepnya, menuju Wonderful Bengkulu 2020, Pemprov Bengkulu akan mengadakan berbagai even festival yang dirancang bukan hanya sebagai hiburan masyarakat tetapi juga berdampak pada peningkatan kesejahteraan. Pemerintah Provinsi Bengkulu sudah menetapkan pada tahun 2020 akan menjadi salah satu destinasi wisata di pesisir barat Pulau Sumatera.

Pada bulan April lalu telah dilaksanakan pelatihan dan pembinaan kepada kelompok-kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Pesertanya 50 orang mewakili Pokdarwis di Bengkulu. Narasumbernya Asdep Pengembangan Destinasi Wisata Budaya Kemenpar Lokot Ahmad Enda dan Buyung Asril.

Program Wonderful Bengkulu 2020 juga mendapat dukungan dari Bappenas. Menurut Bappenas, cukup waktu bagi Bengkulu untuk mempersiapkan infrastruktur, 3A (akses, atraksi dan amenitas), dan SDM-nya. Karena mengembangkan pariwisata tidak bisa dilakukan secara instan.

Kota Bengkulu menyimpan peninggalan dari masa kolonial Inggris paling banyak di Sumatera. Di kota itu juga merekam jejak perjuangan Soekarno. Di hutan-hutan tropisnya, bunga rafles (Rafflesia arnoldii) – bunga raksasa di dunia- dan bunga bangkai (Amorphophallus titanum) tak pernah berhenti mekar.

Jadi, Bengkulu perlu secara konsepsional pula memastikan, sumber daya apa yang utama hendak diangkat dan fokus dipromosikan sebagai Atraksi atau daya tarik untuk wisatawan datang dan senang berkunjung.*** (Yun Damayanti)

Leave a Reply

Your email address will not be published.