Bruno Courbet.(Foto:YD)

Bruno Courbet,Direktur Club Med untuk Indonesia, Thailand, India dan New Market.(Foto:YD)

Bagaimanakah di daerah Anda? Ada loncatan akomodasi/amenitas di Lombok, khususnya pantai Mandalika. Club Med akan membuka dan mengoperasikan resor ketiga-nya di Indonesia mulai awal tahun 2019. Lokasinya berada di dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.  Per resor umumnya membutuhkan 400 orang karyawan.

Jaringan all-inclusive resort global asal Perancis ini sudah mengoperasikan dua resor, di Bali dan Bintan.

As of today, we have resorts in Bali and Bintan. We are going to open in Lombok. We should open the third resort in Indonesia in the beginning of 2019. And we will be the first all-inclusive resort in Mandalika area,” ujar Bruno Courbet, Direktur Club Med untuk Indonesia, Thailand, India dan New Market mengkonfirmasikannya pada kesempatan Club Med Gathering di Jakarta, bulan Maret lalu.

Tamu-tamu yang menginap di Club Med terdiri atas multikultural. Pada satu waktu, resor-resor di Bali dan Bintan bisa menerima tamu-tamu dari 14 negara bersamaan. Kedatangan mereka biasanya mengikuti musim-musim liburan. Di bulan Juni, saat libur sekolah dimulai, tamu-tamu dari Singapura banyak yang menginap di resor ini. Begitupun wisatawan domestik. Periode bulan Juli-Agustus, puncak liburan musim panas, ramai oleh tamu-tamu dari Eropa. Tidak hanya menginap di Bali dan Bintan saja, jumlah wisatawan Indonesia yang menginap di Club Med kani dan Club Med Finolhu di Maladewa juga semakin bertambah.

Dalam ekspansinya, Club Med mencari lokasi-lokasi di destinasi yang indah dan fantastik. Bisa di puncak gunung atau di tepi pantai. Sebagai all-inclusive resort, resor ini menyediakan berbagai macam aktivitas olahraga, aktivitas luar ruang, aktivitas sosial dan lain-lain secara cuma-cuma. Setiap resornya rata-rata membutuhkan lahan minimal antara 10 hektar sampai 15 hektar.

Karena di setiap resornya ditinggali oleh tamu-tamu dari berbagai negara dari berbagai belahan dunia, kemudahan aksesibilitas amat penting. Jarak dari bandara internasional ke resor maksimal 40 menit. Atau, jarak antara bandara domestik dan resor dapat ditempuh kurang dari 1 jam perjalanan darat. Dan, dari bandara domestik ke bandara internasional terdekat dapat ditempuh dalam waktu yang tidak terlalu lama.

We are looking at fantastic and wonderful destination. It could be the beach, or mountains. We are also looking for easy access. From international airport by car maximum 40 minutes. Even domestic airport is OK. But, the resort is very close from domestic airport,” jelas Bruno.

Dia gambarkan, tamu dari Jepang misalnya. Dia mendarat di Jakarta kemudian mesti mengambil lagi penerbangan lanjutan. Jika jarak antara bandara-resor masih ditempuh lebih dari 1 jam betapa lama perjalanannya untuk mencapai destinasi.

Club Med Bali berada di dalam kawasan resor terpadu Nusa Dua.(Foto:Club Med)

Club Med Bali berada di dalam kawasan resor terpadu Nusa Dua.(Foto:Club Med)

Apa All-inclusive resort?

Club Med Bali, misalnya, mempunyai 20 macam aktivitas olahraga yang semuanya bisa dilakukan di dalam kawasan resor. Resor dilengkapi dengan lapangan golf 6 holes. Peralatan bermain golf telah tersedia di resor. Selain itu, ada flying trapeez, wind surfing, kayak, tennis, badminton, bola basket, sepak bola, gym aquatic, hingga kelas yoga.

Tamu-tamu resor juga dimanjakan dengan brunch, late lunch, dan late dinner. Setiap saat bisa menikmati waktu di bar. Hiburan hidup setiap malam. Dan relaksasi.

Pengelola resor juga menyediakan paket-paket ekskursi, jalan-jalan di luar kawasan resor. Untuk itu ada biaya tambahan.

All-inclusive resort merupakan konsep akomodasi baru bagi pasar Indonesia. Club Med telah menyiapkan empat konsep. Sementara ini akan meningkatkan kepedulian terhadap konsep all-inclusive resort bagi liburan keluarga.

Namun, Club Med sangat adaptif. Resor ini juga fleskibel untuk liburan bersama pasangan, liburan dengan keluarga besar, hingga liburan insentif perusahaan. Club Med juga akan mempromosikan program insentif bagi perusahaan.

Setiap membuka resor di manapun, jaringan resor Club Med selalu mendahulukan mempekerjakan masyarakat lokal di sekitar resor. Setiap resor membutuhkan rata-rata sekitar 400 orang karyawan. Manajemen juga mempunyai program-program pelatihan. Sehingga masyarakat lokal bisa bekerja di resor dengan standar kualitas yang ditetapkan manajemen resor.

Total ada 80 resor Club Med di seluruh dunia. 14 diantaranya berada di kawasan Asia dan 2 diantaranya itu ada di Indonesia. Club Med juga mempunyai 25 resor ski. Resor kedua terbaik dalam jaringan Club Med ada di Maladewa.

Dukungan kepada komunitas lokal lainnya adalah dengan membeli sebanyak mungkin bahan-bahan makanan yang diproduksi secara lokal.

***(Yun Damayanti)