Hasiyanna Koestoer

Hasiyanna Koestoer

Kalangan the travel trade melalui asosiasinya ASITA akan menunjukkan aktivitas yang tinggi dalam menggerakkan bisnis pariwisata tahun 2017. Rencananya jajaran ASITA melalui cabang-cabangnya di seluruh Indonesia, akan melaksanakan sekitar 34 event Travel Fair, yaitu ajang di mana daerah-daerah destinasi dipromosikan, dan di situ juga agen-agen mempromosikan dan menjual paket-paket perjalanan dan wisata. Jumlah kegiatan ASITA itu belum termasuk ajang-ajang serupa yang diselenggarakan secara individual oleh perusahaan-perusahaan agen perjalanan, perusahaan destination management, dan maskapai penerbangan.

Ketua ASITA Jakarta Hasiyanna Ashadi Koestoer menjelaskan, memang, saat ini sedang dipertimbangkan apakah menyelenggarakan sebanyak keseluruhan 34 event tersebut dapat dianggap efisien dan efektif, dalam arti, kemungkinan jumlah keseluruhannya perlu dikurangi di mana kemungkinan beberapa daerah tertentu dianggap lebih efissien kalau digabungkan melalui satu penyeleggaraan di suatu tempat dan waktu.

Dapat dimaklumi pertimbangan tersebut jika diingat bahwa tidak semua daerah destinasi di mana ada ASITA, skala bisnis dan sumber-sumber dayanya sudah berada pada satu tingkat untuk perlu melaksanakan sendiri kegiatan semacam Travel Fair. Maka beberapa cabang ASITA boleh jadi akan bergabung dalam satu event dan tempat.

Diakui pula bahwa travel fair seperti itu, untuk tahun 2017 fokusnya memang nanti “menjual” wisata nusantara, dan wisata outbound.  Ini pun rasanya perlu didukung terutama dalam upaya untuk semakin memperkuat dan meluaskan pertumbuhan wisata di dalam negeri. Adapun wisata outbound adalah bisnis yang merupakan dasar bagi kepentingan beroperasinya operator penerbangan dengan rute-rute luar negeri.

Gerakan ASITA dengan travel fair tersebut, menurut Hasiyanna, bisa dikembangkan dan diperkuat pada tahun berikutnya yakni 2018, menjadi ajang bisnis internasional, artinya, akan juga mencakup bisnis inbound, dengan mempertemukan agen-agen dari luar negeri dengan agen-agen di dalam negeri.***