ASEAN Tourism Forum (ATF) ke-34 dimulai hari ini, Kamis, 22 Januari 2015 di Myanmar International Convention Centre (MICC) 1 di Nay Pyi Taw, ibukota Myanmar. Pertemuan ke-41 Organisasi Pariwisata Nasional ASEAN (NTOs) menandai awal even pariwisata tahunan terbesar di kawasan Asia Tenggara. Sekitar 300 delegasi termasuk menteri pariwisata dan pejabat NTO hadir dalam acara yang diadakan di Myanmar untuk pertama kalinya.

“Kami menyambut hangat semua delegasi ATF 2015, penjual, pembeli, media dan pengunjung bisnis ke Myanmar. Saya berharap pertemuan, diskusi dan percakapan kita dalam beberapa hari ke depan akan menghasilkan banyak manfaat, dan pada saat yang sama, Anda sekalian akan memiliki kesempatan untuk mengalami sendiri kekayaan budaya dan keanekaragaman hayati Myanmar, serta pesona dan keramahtamahan rakyat kami, ” H.E. U Htay Aung, Uni Menteri Kementerian Hotel dan Pariwisata Myanmar mengatakan dalam sambutannya.

ATF 2015 bertema ‘ASEAN – Tourism Towards Peace, Prosperity and Partnership’, secara resmi akan dibuka pada Senin, 26 Januari 2015 oleh H.E. U Thein Sein, Presiden Republik Uni Myanmar dan Taleb Rifai, Sekretaris Jenderal UNWTO.

Pada upacara pembukaan tersebut, secara resmi Myanmar akan menerima penghargaan kategori ‘Best in Travel – AEC Country 2014’ oleh Lonely Planet Traveller. Selain itu, ASEANTA (Asosiasi Travel Agent ASEAN) akan memberikan penghargaan Awards for Excellence dan pertunjukan budaya.

Dari 22 sampai 26 Januari, para menteri pariwisata ASEAN dan NTOs akan bersidang dalam serangkaian pertemuan untuk membahas isu-isu pariwisata di wilayah ASEAN bersama-sama dengan rekan-rekan mereka dari negara-negara mitra ASEAN yakni Cina, India, Jepang, Korea Selatan dan Rusia .

Sebelum upacara pembukaan pada 26 Januari nanti, para menteri pariwisata ASEAN akan menggelar konferensi pers. Konferensi Pariwisata ASEAN (ASEAN Tourism Conference/ATC) akan diselenggarakan pada hari berikutnya, 27 Januari. Masing-masing NTO dari 10 negara anggota ASEAN akan mengadakan Media briefing setiap hari pada 27-29 Januari. Bursa perjalanan, Travex, yang menampilkan produk dan jasa oleh penjual dari ASEAN akan berlangsung pada 28 dan 29 Januari.

Diperkirakan 2.000 profesional pariwisata dari lebih dari 50 negara berkumpul pada even delapan hari ATF 2015 di Nay Pyi Taw, Myanmar.  *** (Yun Damayanti)