Lalu Muhammad Faozal

Lalu Muhammad Faozal

Lombok ingin berbenah untuk semakin mengukuhkan diri sebagai destinasi halal kelas dunia. Direncanakan ‘Halal International Travel Mart’  akan digelar tahun depan berpusat  di Lombok untuk memasarkan pasar pariwisata halal. Oleh World Halal Travel & Summit di Abu Dhabi awal Oktober yang lalu, Lombok terpilih sebagai the World’s Best Halal Destination. Dan itu memang memerlukan langkah-langkah kongkrit lebih jauh di destinasi Lombok sendiri demi memenuhi dan meningkatkan kualitas pariwisata halalnya.

Kegiatan pariwisata di NTB untuk tahun 2016 telah diumumkan akan adanya 12 event  yang sudah dicantumkan  dalam kalender even provinsi ini, termasuk Festival Bau Nyale, Festival Tambora, Lombok Sumbawa Pearl Festival dan Festival Senggigi.

Tahun 2015 ini hampir 200 jasa usaha pariwisata dan jasa usaha restoran sudah di audit untuk memastikan label halal hadir di semua jasa usaha di Lombok, menurut Lalu Muhammad Faozal, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB. Semua fasilitas juga sudah terstandarisasi antara lain dengan adanya petunjuk arah kiblat, ketersediaan Al Qur’an,  standarisasi toilet laki-laki dan perempuan  di Musholla. Tinggal sign,  penunjuk arah halal sedang disiapkan , rencananya tahun 2016 sudah selesai.

“Kita  sudah mulai mem branding dengan label halal setidaknya pada semua jasa restauran,” ujar Faosal, dalam jumpa pers bersama Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Dalam Negeri, Esthy Reko Astuty, di Jakarta minggu lalu. .

Di sana kini juga sedang diproses satu destinasi unggulan yang memang bersesuaian dengan karakter wisata halal, sehingga  tahun depan akan hadir tiga bahkan empat destinasi yang didesain untuk menjadi destinasi yang bersesuaian dengan karakter wisata halal.

Bagaimana dengan SDM ? Tahun depan (2016) Kementerian Pariwisata akan membangun Politeknik Pariwisata Negeri di Lombok.  Menurut Faozal, “Kita mulai menerima mahasiswa baru dengan 6 Program Studi dengan kapasitas 250 mahasiswa.“ ***